Alokasi Waktu Mata Pelajaran SMA/MA di Struktur Kurikulum Merdeka
Mata Pelajaran SMA/MA di Struktur Kurikulum Merdeka |
Sistem pendidikan di Indonesia memiliki kurikulum yang didesain untuk memenuhi kebutuhan pendidikan di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Madrasah Aliyah (MA). Struktur kurikulum ini memberikan kerangka pembelajaran yang mencakup berbagai mata pelajaran dan kegiatan pembelajaran tambahan. Mari kita jelajahi struktur kurikulum SMA/MA berikut ini.
1. Pembelajaran Reguler atau Rutin
Struktur kurikulum SMA/MA terdiri dari dua kegiatan pembelajaran utama. Pertama adalah pembelajaran reguler atau rutin yang merupakan kegiatan intrakurikuler. Dalam pembelajaran ini, peserta didik akan belajar mata pelajaran inti seperti Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, Kimia, Biologi, Sejarah, Geografi, dan lain-lain. Mata pelajaran ini memberikan landasan pengetahuan dan keterampilan yang penting bagi perkembangan peserta didik.
2. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Kegiatan kedua yang menjadi bagian dari struktur kurikulum SMA/MA adalah Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Projek ini bertujuan untuk mengembangkan pemahaman dan kesadaran peserta didik tentang nilai-nilai Pancasila, sebagai dasar ideologi negara Indonesia. Melalui proyek ini, peserta didik akan terlibat dalam berbagai kegiatan yang mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, seperti diskusi, penelitian, kegiatan sosial, dan lain-lain.
3. Jam Pelajaran (JP) Jam Pelajaran (JP) diatur per tahun
Satuan pendidikan memiliki fleksibilitas untuk mengatur alokasi waktu pembelajaran secara fleksibel guna mencapai JP yang ditetapkan. JP ini mencakup seluruh mata pelajaran dan kegiatan pembelajaran yang harus dilaksanakan dalam satu tahun pelajaran.
4. Pendekatan Pembelajaran
Dalam struktur kurikulum SMA/MA, satuan pendidikan dapat menggunakan pendekatan pengorganisasian pembelajaran berbasis mata pelajaran, tematik, atau terintegrasi. Pendekatan berbasis mata pelajaran mengajarkan setiap mata pelajaran secara terpisah. Pendekatan tematik mengintegrasikan beberapa mata pelajaran dalam satu tema yang relevan. Sedangkan pendekatan terintegrasi mengintegrasikan berbagai aspek pembelajaran melalui pendekatan yang holistik dan lintas disiplin.
5. Perubahan Terkait Mata Pelajaran
- Mata pelajaran IPA dan IPS di Kelas 10 SMA/MA belum dipisahkan menjadi mata pelajaran yang lebih spesifik. Hal ini memberikan fleksibilitas bagi satuan pendidikan untuk mengatur bagaimana muatan pelajaran diorganisasi.
- Peserta didik dapat memilih setidaknya 1 dari 5 mata pelajaran Seni dan Prakarya: Seni Musik, Seni Rupa, Seni Teater, Seni Tari, atau Prakarya. Ini memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan minat dan bakat dalam bidang seni.
- Di kelas 10, peserta didik mempelajari mata pelajaran umum (belum ada mata pelajaran pilihan). Namun, pada kelas 11 dan 12, peserta didik dapat memilih mata pelajaran sesuai minat mereka dari kelompok mata pelajaran yang tersedia.
6. Mata Pelajaran IPA dan IPS di Kelas 10
Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di kelas 10 SMA/MA/ sederajat belum dipisahkan menjadi mata pelajaran yang lebih spesifik. Satuan pendidikan memiliki kebebasan dalam mengatur pengorganisasian pembelajaran IPA dan IPS. Pengorganisasian tersebut dapat dilakukan melalui beberapa pendekatan, seperti mengajarkan muatan IPA atau IPS secara terintegrasi, mengajarkan muatan IPA atau IPS secara bergantian dalam blok waktu terpisah, atau mengajarkan muatan IPA atau IPS secara paralel dengan JP terpisah seperti mata pelajaran yang berbeda. Pendekatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang holistik dan terintegrasi tentang IPA dan IPS kepada peserta didik.
7. Struktur Mata Pelajaran Fase F (Kelas 11 dan 12)
Pada Fase F, yang merupakan kelas 11 dan 12 SMA/MA, struktur mata pelajaran dibagi menjadi dua kelompok utama. Pertama, kelompok mata pelajaran umum yang wajib diajarkan oleh semua sekolah SMA/MA. Mata pelajaran dalam kelompok ini meliputi semua mata pelajaran inti yang diperlukan untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan dasar.
Kedua, kelompok mata pelajaran pilihan. Setiap SMA/MA harus menyediakan setidaknya 7 mata pelajaran pilihan. Namun, sekolah yang ditetapkan sebagai sekolah keolahragaan atau seni dapat menawarkan mata pelajaran Olahraga atau Seni sesuai dengan sumber daya yang tersedia di sekolah.
Dengan struktur kurikulum SMA/MA yang terdiri dari pembelajaran reguler, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, pendekatan pembelajaran yang beragam, dan pilihan mata pelajaran, diharapkan peserta didik dapat mengembangkan pengetahuan, keterampilan, serta karakter yang berlandaskan nilai-nilai Pancasila dan kebutuhan zaman.
Alokasi waktu mata pelajaran SMA/MA kelas 10
Asumsi 1 tahun = 36 minggu dan 1 JP = 45 menit
Mata Pelajaran | Alokasi Intrakulikuler Per tahun (Minggu) |
Alokasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Per Tahun |
Total JP Per Tahun |
---|---|---|---|
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti* | 72(2) | 36 | 108 |
Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti* | 72(2) | 36 | 108 |
Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti* | 72(2) | 36 | 108 |
Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti* | 72(2) | 36 | 108 |
Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti* | 72(2) | 36 | 108 |
Pendidikan Agama Konghucu dan Budi Pekerti* | 72(2) | 36 | 108 |
Pendidikan Pancasila | 54(2)** | 18 | 72 |
Bahasa Indonesia | 108(3) | 36 | 144 |
Matematika | 108(3) | 36 | 144 |
Ilmu Pengetahuan Alam: Fisika, Kimia, Biologi | 216(6) | 108 | 324 |
Ilmu Pengetahuan Sosial: Sosiologi, Ekonomi, Sejarah, Geografi | 288(8) | 144 | 432 |
Bahasa Inggris | 54(2)** | 18 | 72 |
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan | 72(2) | 36 | 108 |
Informatika | 72(2) | 36 | 108 |
Seni Budaya**:
|
54(2)** | 18 | 72 |
Muatan Lokal**** | 72(2)*** | - | 72**** |
Total***** | 1.098(32) | 486 | 1.584 |
Alokasi waktu mata pelajaran SMA/MA kelas 11
Asumsi 1 tahun = 36 minggu dan 1 JP = 45 menit
Mata Pelajaran | Alokasi Intrakurikuler Per Tahun (Minggu) |
Alokasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Per Tahun |
Total JP Per Tahun |
|
---|---|---|---|---|
A. Kelompok Mata Pelajaran Umum: | ||||
1 | Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti* | 72 (2) | 36 | 108 |
Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti* | 72 (2) | 36 | 108 | |
Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti* | 72 (2) | 36 | 108 | |
Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti* | 72 (2) | 36 | 108 | |
Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti* | 72 (2) | 36 | 108 | |
Pendidikan Agama Konghucu dan Budi Pekerti* | 72 (2) | 36 | 108 | |
2 | Pendidikan Pancasila | 54 (2) ** | 18 | 72 |
3 | Bahasa Indonesia | 108 (3) | 36 | 144 |
4 | Matematika | 108 (3) | 36 | 144 |
5 | Bahasa Inggris | 54 (2) ** | 18 | 72 |
6 | Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan | 72 (2) | 36 | 108 |
7 | Sejarah | 54 (2) ** | 18 | 72 |
8 | Seni dan Budaya***:
1. Seni Musik 2. Seni Rupa 3. Seni Teater 4. Seni Tari |
54 (2) ** | 18 | 72 |
Jumlah JP mata pelajaran umum | 576 (18) | 216 | 792 | |
B. Kelompok Mata Pelajaran Pilihan | ||||
1 | Biologi | 720-900 (20-25) **** | - | 720-900 |
2 | Kimia | |||
3 | Fisika | |||
4 | Informatika | |||
5 | Matematika tingkat lanjut | |||
6 | Sosiologi | |||
7 | Ekonomi | |||
8 | Geografi | |||
9 | Antropologi | |||
10 | Bahasa Indonesia tingkat lanjut | |||
11 | Bahasa Inggris tingkat lanjut | |||
12 | Bahasa Korea | |||
13 | Bahasa Arab | |||
14 | Bahasa Mandarin | |||
15 | Bahasa Jepang | |||
16 | Bahasa Jerman | |||
17 | Bahasa Prancis | |||
18 | Prakarya dan Kewirausahaan (budidaya, kerajinan, rekayasa, atau pengolahan) ***** | |||
19 | mata pelajaran lainnya yang dikembangkan sesuai sumber daya yang tersedia***** | |||
Muatan lokal | 72 (2) ****** | - | 72 | |
Total*******: | 1.296-1.476 (38-43) | 216 | 1.512-1692 |
Alokasi waktu mata pelajaran SMA/MA kelas 12
Asumsi 1 tahun = 32 minggu dan 1 JP = 45 menit
Mata Pelajaran | Alokasi Intrakurikuler Per Tahun (Minggu) |
Alokasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Per Tahun |
Total JP Per Tahun |
|
---|---|---|---|---|
A. Kelompok Mata Pelajaran Umum: | ||||
1 | Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti* | 64 (2) | 32 | 96 |
Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti* | 64 (2) | 32 | 96 | |
Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti* | 64 (2) | 32 | 96 | |
Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti* | 64 (2) | 32 | 96 | |
Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti* | 64 (2) | 32 | 96 | |
Pendidikan Agama Konghucu dan Budi Pekerti* | 64 (2) | 32 | 96 | |
2 | Pendidikan Pancasila | 48 (2) ** | 16 | 64 |
3 | Bahasa Indonesia | 96 (3) | 32 | 128 |
4 | Matematika | 96 (3) | 32 | 128 |
5 | Bahasa Inggris | 48 (2) ** | 16 | 64 |
6 | Seni dan Budaya***:
1. Seni Musik 2. Seni Rupa 3. Seni Teater 4. Seni Tari |
48 (2) ** | 16 | 64 |
7 | Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan | 64 (2) | 32 | 96 |
8 | Sejarah | 48 (2) ** | 16 | 64 |
Jumlah JP mata pelajaran umum | 512 (18) | 192 | 704 | |
B. Kelompok Mata Pelajaran Pilihan | ||||
1 | Biologi | 640 - 800 (20 - 25) **** | - | 640 - 800 |
2 | Kimia | |||
3 | Fisika | |||
4 | Informatika | |||
5 | Matematika tingkat lanjut | |||
6 | Sosiologi | |||
7 | Ekonomi | |||
8 | Geografi | |||
9 | Antropologi | |||
10 | Bahasa Indonesia tingkat lanjut | |||
11 | Bahasa Inggris tingkat lanjut | |||
12 | Bahasa Korea | |||
13 | Bahasa Arab | |||
14 | Bahasa Mandarin | |||
15 | Bahasa Jepang | |||
16 | Bahasa Jerman | |||
17 | Bahasa Prancis | |||
18 | Prakarya dan Kewirausahaan (budidaya, kerajinan, rekayasa, atau pengolahan) ***** | |||
19 | mata pelajaran lainnya yang dikembangkan sesuai sumber daya yang tersedia***** | |||
Muatan lokal | 64 (2) ****** | - | 64 | |
Total*******: | 1.152-1.312 (38-43) | 192 | 1.344-1.504 |
Sumber: https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/
Post a Comment for "Alokasi Waktu Mata Pelajaran SMA/MA di Struktur Kurikulum Merdeka"