Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Alokasi Waktu Mata Pelajaran SMA/MA di Struktur Kurikulum Merdeka

Mata Pelajaran SMA/MA di Struktur Kurikulum Merdeka

Sistem pendidikan di Indonesia memiliki kurikulum yang didesain untuk memenuhi kebutuhan pendidikan di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Madrasah Aliyah (MA). Struktur kurikulum ini memberikan kerangka pembelajaran yang mencakup berbagai mata pelajaran dan kegiatan pembelajaran tambahan. Mari kita jelajahi struktur kurikulum SMA/MA berikut ini.

1. Pembelajaran Reguler atau Rutin 

Struktur kurikulum SMA/MA terdiri dari dua kegiatan pembelajaran utama. Pertama adalah pembelajaran reguler atau rutin yang merupakan kegiatan intrakurikuler. Dalam pembelajaran ini, peserta didik akan belajar mata pelajaran inti seperti Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, Kimia, Biologi, Sejarah, Geografi, dan lain-lain. Mata pelajaran ini memberikan landasan pengetahuan dan keterampilan yang penting bagi perkembangan peserta didik.

2. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila 

Kegiatan kedua yang menjadi bagian dari struktur kurikulum SMA/MA adalah Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Projek ini bertujuan untuk mengembangkan pemahaman dan kesadaran peserta didik tentang nilai-nilai Pancasila, sebagai dasar ideologi negara Indonesia. Melalui proyek ini, peserta didik akan terlibat dalam berbagai kegiatan yang mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, seperti diskusi, penelitian, kegiatan sosial, dan lain-lain.

3. Jam Pelajaran (JP) Jam Pelajaran (JP) diatur per tahun 

Satuan pendidikan memiliki fleksibilitas untuk mengatur alokasi waktu pembelajaran secara fleksibel guna mencapai JP yang ditetapkan. JP ini mencakup seluruh mata pelajaran dan kegiatan pembelajaran yang harus dilaksanakan dalam satu tahun pelajaran.

4. Pendekatan Pembelajaran 

Dalam struktur kurikulum SMA/MA, satuan pendidikan dapat menggunakan pendekatan pengorganisasian pembelajaran berbasis mata pelajaran, tematik, atau terintegrasi. Pendekatan berbasis mata pelajaran mengajarkan setiap mata pelajaran secara terpisah. Pendekatan tematik mengintegrasikan beberapa mata pelajaran dalam satu tema yang relevan. Sedangkan pendekatan terintegrasi mengintegrasikan berbagai aspek pembelajaran melalui pendekatan yang holistik dan lintas disiplin.

5. Perubahan Terkait Mata Pelajaran 

  • Mata pelajaran IPA dan IPS di Kelas 10 SMA/MA belum dipisahkan menjadi mata pelajaran yang lebih spesifik. Hal ini memberikan fleksibilitas bagi satuan pendidikan untuk mengatur bagaimana muatan pelajaran diorganisasi. 
  • Peserta didik dapat memilih setidaknya 1 dari 5 mata pelajaran Seni dan Prakarya: Seni Musik, Seni Rupa, Seni Teater, Seni Tari, atau Prakarya. Ini memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan minat dan bakat dalam bidang seni. 
  • Di kelas 10, peserta didik mempelajari mata pelajaran umum (belum ada mata pelajaran pilihan). Namun, pada kelas 11 dan 12, peserta didik dapat memilih mata pelajaran sesuai minat mereka dari kelompok mata pelajaran yang tersedia.

6. Mata Pelajaran IPA dan IPS di Kelas 10 

Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di kelas 10 SMA/MA/ sederajat belum dipisahkan menjadi mata pelajaran yang lebih spesifik. Satuan pendidikan memiliki kebebasan dalam mengatur pengorganisasian pembelajaran IPA dan IPS. Pengorganisasian tersebut dapat dilakukan melalui beberapa pendekatan, seperti mengajarkan muatan IPA atau IPS secara terintegrasi, mengajarkan muatan IPA atau IPS secara bergantian dalam blok waktu terpisah, atau mengajarkan muatan IPA atau IPS secara paralel dengan JP terpisah seperti mata pelajaran yang berbeda. Pendekatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang holistik dan terintegrasi tentang IPA dan IPS kepada peserta didik.

7. Struktur Mata Pelajaran Fase F (Kelas 11 dan 12) 

Pada Fase F, yang merupakan kelas 11 dan 12 SMA/MA, struktur mata pelajaran dibagi menjadi dua kelompok utama. Pertama, kelompok mata pelajaran umum yang wajib diajarkan oleh semua sekolah SMA/MA. Mata pelajaran dalam kelompok ini meliputi semua mata pelajaran inti yang diperlukan untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan dasar.

Kedua, kelompok mata pelajaran pilihan. Setiap SMA/MA harus menyediakan setidaknya 7 mata pelajaran pilihan. Namun, sekolah yang ditetapkan sebagai sekolah keolahragaan atau seni dapat menawarkan mata pelajaran Olahraga atau Seni sesuai dengan sumber daya yang tersedia di sekolah.

Dengan struktur kurikulum SMA/MA yang terdiri dari pembelajaran reguler, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, pendekatan pembelajaran yang beragam, dan pilihan mata pelajaran, diharapkan peserta didik dapat mengembangkan pengetahuan, keterampilan, serta karakter yang berlandaskan nilai-nilai Pancasila dan kebutuhan zaman.

Alokasi waktu mata pelajaran SMA/MA kelas 10

Asumsi 1 tahun = 36 minggu dan 1 JP = 45 menit

Mata Pelajaran Alokasi Intrakulikuler
Per tahun (Minggu)
Alokasi Projek
Penguatan Profil Pelajar
Pancasila Per Tahun
Total JP
Per Tahun
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti* 72(2) 36 108
Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti* 72(2) 36 108
Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti* 72(2) 36 108
Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti* 72(2) 36 108
Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti* 72(2) 36 108
Pendidikan Agama Konghucu dan Budi Pekerti* 72(2) 36 108
Pendidikan Pancasila 54(2)** 18 72
Bahasa Indonesia 108(3) 36 144
Matematika 108(3) 36 144
Ilmu Pengetahuan Alam: Fisika, Kimia, Biologi 216(6) 108 324
Ilmu Pengetahuan Sosial: Sosiologi, Ekonomi, Sejarah, Geografi 288(8) 144 432
Bahasa Inggris 54(2)** 18 72
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 72(2) 36 108
Informatika 72(2) 36 108
Seni Budaya**:
  1. Seni Musik
  2. Seni Rupa
  3. Seni Teater
  4. Seni Tari 
  5. Prakarya dan Kewirausahaan
54(2)** 18 72
Muatan Lokal**** 72(2)*** - 72****
Total***** 1.098(32) 486 1.584
Keterangan: 
* Diikuti murid sesuai agama masing-masing. 
** Pembelajaran reguler tidak penuh, yaitu 36 minggu, untuk memenuhi alokasi projek. Alokasi intrakurikuler Pendidikan Pancasila, Bahasa Inggris, serta Seni dan Prakarya hanya 27 minggu. 
*** Satuan pendidikan menyediakan minimum 1 jenis seni atau prakarya (Seni Musik, Seni Rupa, Seni Teater, Seni Tari, dan/atau Prakarya dan Kewirausahaan). Murid memilih salah satu. 
**** Paling banyak 2 JP per minggu atau 72 JP per tahun. 
***** Total JP tidak termasuk mata pelajaran Muatan Lokal dan/atau mata pelajaran tambahan yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan.

Alokasi waktu mata pelajaran SMA/MA kelas 11

Asumsi 1 tahun = 36 minggu dan 1 JP = 45 menit



Mata Pelajaran Alokasi
Intrakurikuler Per
Tahun (Minggu)
Alokasi Projek Penguatan
Profil Pelajar Pancasila
Per Tahun
Total JP
Per Tahun
A. Kelompok Mata Pelajaran Umum:
1 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti* 72 (2) 36 108
Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti* 72 (2) 36 108
Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti* 72 (2) 36 108
Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti* 72 (2) 36 108
Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti* 72 (2) 36 108
Pendidikan Agama Konghucu dan Budi Pekerti* 72 (2) 36 108
2 Pendidikan Pancasila 54 (2) ** 18 72
3 Bahasa Indonesia 108 (3) 36 144
4 Matematika 108 (3) 36 144
5 Bahasa Inggris 54 (2) ** 18 72
6 Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 72 (2) 36 108
7 Sejarah 54 (2) ** 18 72
8 Seni dan Budaya***:
1. Seni Musik
2. Seni Rupa
3. Seni Teater
4. Seni Tari
54 (2) ** 18 72
Jumlah JP mata pelajaran umum 576 (18) 216 792
B. Kelompok Mata Pelajaran Pilihan
1 Biologi 720-900 (20-25) **** - 720-900
2 Kimia
3 Fisika
4 Informatika
5 Matematika tingkat lanjut
6 Sosiologi
7 Ekonomi
8 Geografi
9 Antropologi
10 Bahasa Indonesia tingkat lanjut
11 Bahasa Inggris tingkat lanjut
12 Bahasa Korea
13 Bahasa Arab
14 Bahasa Mandarin
15 Bahasa Jepang
16 Bahasa Jerman
17 Bahasa Prancis
18 Prakarya dan Kewirausahaan (budidaya, kerajinan, rekayasa, atau pengolahan) *****
19 mata pelajaran lainnya yang dikembangkan sesuai sumber daya yang tersedia*****
Muatan lokal 72 (2) ****** - 72
Total*******: 1.296-1.476 (38-43) 216 1.512-1692
Keterangan: 
* Diikuti murid sesuai agama masing-masing. 
** Pembelajaran reguler kelas 11 tidak penuh, yaitu 36 minggu, untuk memenuhi alokasi projek. Alokasi intrakurikuler Pendidikan Pancasila, Bahasa Inggris, Seni, dan Sejarah hanya 27 minggu. 
*** Satuan pendidikan menyediakan minimum 1 jenis seni (Seni Musik, Seni Rupa, Seni Teater, dan/atau Seni Tari). Murid memilih 1 (satu) salah satu. 
**** Alokasi masing-masing mata pelajaran pilihan (selain mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan) yaitu 5 JP per minggu atau 180 JP per tahun. 
***** Pengaturan mata pelajaran lainnya yang dikembangkan sesuai sumber daya yang tersedia diatur lebih lanjut oleh pemimpin unit utama yang membidangi kurikulum, asesmen, dan perbukuan. 
****** Paling banyak 2 JP per minggu atau 72 JP per tahun. 
******* Total JP tidak termasuk mata pelajaran Muatan Lokal dan/atau mata pelajaran tambahan yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan.

Alokasi waktu mata pelajaran SMA/MA kelas 12

Asumsi 1 tahun = 32 minggu dan 1 JP = 45 menit

Mata Pelajaran Alokasi
Intrakurikuler Per
Tahun (Minggu)
Alokasi Projek Penguatan
Profil Pelajar Pancasila
Per Tahun
Total JP
Per Tahun
A. Kelompok Mata Pelajaran Umum:
1 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti* 64 (2) 32 96
Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti* 64 (2) 32 96
Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti* 64 (2) 32 96
Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti* 64 (2) 32 96
Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti* 64 (2) 32 96
Pendidikan Agama Konghucu dan Budi Pekerti* 64 (2) 32 96
2 Pendidikan Pancasila 48 (2) ** 16 64
3 Bahasa Indonesia 96 (3) 32 128
4 Matematika 96 (3) 32 128
5 Bahasa Inggris 48 (2) ** 16 64
6 Seni dan Budaya***:
1. Seni Musik
2. Seni Rupa
3. Seni Teater
4. Seni Tari
48 (2) ** 16 64
7 Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 64 (2) 32 96
8 Sejarah 48 (2) ** 16 64
Jumlah JP mata pelajaran umum 512 (18) 192 704
B. Kelompok Mata Pelajaran Pilihan
1 Biologi 640 - 800 (20 - 25) **** - 640 - 800
2 Kimia
3 Fisika
4 Informatika
5 Matematika tingkat lanjut
6 Sosiologi
7 Ekonomi
8 Geografi
9 Antropologi
10 Bahasa Indonesia tingkat lanjut
11 Bahasa Inggris tingkat lanjut
12 Bahasa Korea
13 Bahasa Arab
14 Bahasa Mandarin
15 Bahasa Jepang
16 Bahasa Jerman
17 Bahasa Prancis
18 Prakarya dan Kewirausahaan (budidaya, kerajinan, rekayasa, atau pengolahan) *****
19 mata pelajaran lainnya yang dikembangkan sesuai sumber daya yang tersedia*****
Muatan lokal 64 (2) ****** - 64
Total*******: 1.152-1.312 (38-43) 192 1.344-1.504
Keterangan: 
* Diikuti murid sesuai agama masing-masing. 
** Pembelajaran reguler kelas 12 tidak penuh, yaitu 32 minggu, untuk memenuhi alokasi projek. Alokasi intrakurikuler Pendidikan Pancasila, Bahasa Inggris, Seni, dan Sejarah hanya 24 minggu. 
*** Satuan pendidikan menyediakan minimum 1 jenis seni dan budaya (Seni Musik, Seni Rupa, Seni Teater, dan/atau Seni Tari). Murid memilih 1 salah satu. 
**** Alokasi masing-masing mata pelajaran pilihan (selain mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan) yaitu 5 JP per minggu atau 180 JP per tahun. 
***** Pengaturan mata pelajaran lainnya yang dikembangkan sesuai sumber daya yang tersedia diatur lebih lanjut oleh pemimpin unit utama yang membidangi kurikulum, asesmen, dan perbukuan. 
****** Paling banyak 2 JP per minggu atau 64 JP per tahun. 
******* Total JP tidak termasuk mata pelajaran Muatan Lokal dan/atau mata pelajaran tambahan yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan.

Sumber: https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/

Post a Comment for "Alokasi Waktu Mata Pelajaran SMA/MA di Struktur Kurikulum Merdeka"