Alokasi Waktu Mata Pelajaran SMP/MTs di Struktur Kurikulum Merdeka
Mata Pelajaran SMP/MTs di Struktur Kurikulum Merdeka |
Kurikulum merupakan landasan penting dalam proses pembelajaran di sekolah, termasuk di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau Madrasah Tsanawiyah (MTs). Struktur kurikulum yang baik dan terstruktur dengan baik dapat membantu membangun kualitas pendidikan yang holistik, mencakup berbagai aspek perkembangan peserta didik. Dalam struktur kurikulum merdeka SMP/MTs, terdapat dua kegiatan pembelajaran utama yang harus dijalani siswa, yaitu pembelajaran reguler atau rutin dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
Pertama, pembelajaran reguler atau rutin adalah kegiatan intrakurikuler yang menjadi inti dari proses pembelajaran di SMP/MTs. Dalam pembelajaran reguler, peserta didik akan belajar mata pelajaran inti seperti Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA (Ilmu Pengetahuan Alam), IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial), dan lain-lain. Mata pelajaran ini memberikan dasar pengetahuan yang luas kepada peserta didik, membantu mereka memahami konsep-konsep penting dalam berbagai disiplin ilmu, serta melatih kemampuan berpikir kritis dan analitis.
Kedua, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah komponen penting dari kurikulum merdeka SMP/MTs. Proyek ini bertujuan untuk memperkuat pemahaman dan penerapan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia. Melalui proyek ini, peserta didik diajak untuk lebih memahami dan menghayati nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Mereka akan belajar tentang kebhinekaan, gotong royong, toleransi, dan sikap saling menghormati dalam berbagai konteks. Proyek ini dapat dilakukan melalui kegiatan seperti seminar, diskusi kelompok, penelitian, dan pameran.
Selain itu, dalam struktur kurikulum merdeka SMP/MTs, terdapat beberapa poin penting terkait jam pelajaran (JP) dan pendekatan pembelajaran:
- Jam Pelajaran (JP): JP diatur per tahun, dan satuan pendidikan memiliki fleksibilitas dalam mengatur alokasi waktu pembelajaran untuk mencapai JP yang ditetapkan. Hal ini memungkinkan pengaturan waktu yang lebih baik untuk memperdalam pemahaman peserta didik dalam setiap mata pelajaran, serta memberikan kesempatan untuk kegiatan ekstrakurikuler yang mendukung perkembangan peserta didik di luar ruang kelas.
- Pendekatan Pembelajaran: Satuan pendidikan dapat menggunakan pendekatan pengorganisasian pembelajaran berbasis mata pelajaran, tematik, atau terintegrasi. Pendekatan berbasis mata pelajaran mengarahkan pembelajaran pada setiap mata pelajaran secara terpisah. Pendekatan tematik mengintegrasikan beberapa mata pelajaran dalam satu tema pembelajaran, sehingga peserta didik dapat melihat keterkaitan antara mata pelajaran tersebut. Sedangkan pendekatan terintegrasi mengintegrasikan berbagai aspek pembelajaran, termasuk pengetahuan, keterampilan, dan sikap, dalam satu rangkaian pembelajaran yang holistik.
Terkait dengan mata pelajaran, terdapat informasi penting yang perlu diperhatikan:
- Mata pelajaran Informatika merupakan mata pelajaran wajib dalam kurikulum merdeka SMP/MTs. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan peserta didik dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), serta meningkatkan literasi digital mereka.
- Murid atau satuan pendidikan memiliki kebebasan untuk memilih setidaknya satu dari lima mata pelajaran Seni dan Prakarya. Lima mata pelajaran tersebut adalah Seni Musik, Seni Rupa, Seni Teater, Seni Tari, dan Prakarya. Pilihan ini memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk mengembangkan bakat dan minat mereka dalam bidang seni dan kreativitas, serta melatih keterampilan berpikir kreatif dan inovatif.
Dengan struktur kurikulum merdeka yang baik dan terstruktur dengan baik, SMP/MTs dapat memberikan pendidikan yang holistik kepada peserta didik. Melalui kombinasi pembelajaran reguler dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, peserta didik akan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang luas serta memiliki pemahaman yang mendalam tentang nilai-nilai Pancasila sebagai landasan hidup bermasyarakat. Dengan demikian, peserta didik akan siap menghadapi tantangan di masa depan dan menjadi anggota masyarakat yang bertanggung jawab dan berkontribusi positif bagi bangsa dan negara.
Alokasi waktu mata pelajaran SMP/MTs kelas 7–8
Asumsi 1 tahun = 36 minggu dan 1 JP = 40 menit
Mata Pelajaran | Alokasi Intrakulikuler Per tahun (Minggu) |
Alokasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Per Tahun |
Total JP Per Tahun |
---|---|---|---|
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti* | 72(2) | 36 | 108 |
Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti* | 72(2) | 36 | 108 |
Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti* | 72(2) | 36 | 108 |
Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti* | 72(2) | 36 | 108 |
Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti* | 72(2) | 36 | 108 |
Pendidikan Agama Konghucu dan Budi Pekerti* | 72(2) | 36 | 108 |
Pendidikan Pancasila | 72(2) | 36 | 108 |
Bahasa Indonesia | 180(5) | 36 | 216 |
Matematika | 144(4) | 36 | 180 |
Ilmu Pengetahuan Alam | 144(4) | 36 | 180 |
Ilmu Pengetahuan Sosial | 108(3) | 36 | 144 |
Bahasa Inggris | 108(3) | 36 | 144 |
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan | 72(2) | 36 | 108 |
Informatika | 72(2) | 36 | 108 |
Seni Budaya**:
|
72(2) | 36 | 108 |
Muatan Lokal*** | 72(2)*** | - | 72*** |
Total**** | 1.044(29) | 360 | 1.404 |
Alokasi waktu mata pelajaran SMP/MTs kelas 9
Asumsi 1 tahun = 32 minggu dan 1 JP = 40 menit
Mata Pelajaran | Alokasi Intrakulikuler Per tahun (Minggu) |
Alokasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Per Tahun |
Total JP Per Tahun |
---|---|---|---|
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti* | 64(2) | 32 | 96 |
Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti* | 64(2) | 32 | 96 |
Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti* | 64(2) | 32 | 96 |
Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti* | 64(2) | 32 | 96 |
Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti* | 64(2) | 32 | 96 |
Pendidikan Agama Konghucu dan Budi Pekerti* | 64(2) | 32 | 96 |
Pendidikan Pancasila | 64(2) | 32 | 96 |
Bahasa Indonesia | 160(5) | 32 | 192 |
Matematika | 128(4) | 32 | 160 |
Ilmu Pengetahuan Alam | 128(4) | 32 | 160 |
Ilmu Pengetahuan Sosial | 96(3) | 32 | 128 |
Bahasa Inggris | 96(3) | 32 | 128 |
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan | 64(2) | 32 | 96 |
Informatika | 64(2) | 32 | 96 |
Seni Budaya**:
|
64(2) | 32 | 96 |
Muatan Lokal*** | 64(2)*** | - | 64*** |
Total**** | 928(29) | 320 | 1.248 |
Sumber: https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/
Post a Comment for "Alokasi Waktu Mata Pelajaran SMP/MTs di Struktur Kurikulum Merdeka"