Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Alokasi Waktu Mata Pelajaran SMK/MAK di Struktur Kurikulum Merdeka

Alokasi Waktu Mata Pelajaran SMK/MAK di Struktur Kurikulum Merdeka
Mata Pelajaran SMK/MAK di Struktur Kurikulum Merdeka


Kurikulum pada Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK) terdiri dari dua bagian utama, yaitu pembelajaran intrakurikuler dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Pembelajaran intrakurikuler sendiri juga terbagi menjadi dua kelompok mata pelajaran, yaitu kelompok mata pelajaran umum dan kejuruan.

Kelompok Mata Pelajaran Umum 

Kelompok mata pelajaran umum bertujuan untuk membentuk peserta didik menjadi individu yang utuh, sesuai dengan tahapan perkembangannya. Peserta didik diharapkan memiliki pemahaman mengenai norma-norma kehidupan sebagai individu dan anggota masyarakat, baik sebagai warga negara Indonesia maupun warga dunia.

Berikut beberapa mata pelajaran yang termasuk dalam kelompok umum:

  1. Projek IPAS: Mata pelajaran ini bertujuan untuk mengembangkan literasi sains peserta didik dengan fokus pada aspek ilmu pengetahuan alam dan sosial. Materi pelajaran disampaikan melalui tema-tema kehidupan yang kontekstual dan aktual.
  2. Bahasa Inggris dan Matematika: Pada kelas 10, kedua mata pelajaran ini berisi materi umum dan dasar. Namun, pada kelas 11 dan 12, fokus pembelajarannya adalah pendalaman materi secara kontekstual terhadap substansi kejuruan yang berkaitan dengan Program Keahlian yang diambil oleh peserta didik.
  3. Informatika: Mata pelajaran ini memiliki desain yang sama dengan satuan pendidikan lain, tetapi dapat disesuaikan dengan Program Keahlian yang diikuti oleh peserta didik.

Kelompok Mata Pelajaran Kejuruan 

Kelompok mata pelajaran kejuruan bertujuan untuk membentuk peserta didik agar memiliki kompetensi yang sesuai dengan perkembangan dunia kerja, serta memiliki pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya yang relevan.

Berikut beberapa mata pelajaran yang termasuk dalam Kelompok Mata Pelajaran Kejuruan di SMK/MAK:

  1. Mata Pelajaran Kejuruan: Pada kelas 10, mata pelajaran ini berfokus pada pembelajaran dasar-dasar Program Keahlian. Namun, pada kelas 11 dan 12, mata pelajaran ini mencakup unit-unit kompetensi yang dikembangkan secara lebih teknis sesuai dengan Konsentrasi Keahlian yang dipilih oleh peserta didik.
  2. Mata Pelajaran Kreatif dan Kewirausahaan: Mata pelajaran ini berperan sebagai alat bagi peserta didik untuk mengaktualisasikan dan mengekspresikan kompetensi yang mereka kuasai. Hal ini dilakukan melalui pembuatan produk atau penyediaan layanan jasa yang kreatif dan bernilai ekonomis.
  3. Mata Pelajaran Pilihan: Peserta didik memiliki kebebasan untuk memilih mata pelajaran yang sesuai dengan minat dan passion mereka, baik untuk pengembangan diri, melanjutkan pendidikan, berwirausaha, maupun bekerja pada bidang tertentu.

Mata pelajaran pilihan dapat difokuskan pada pemahaman mendalam dalam konsentrasi keahlian yang dipilih, mata pelajaran kejuruan lintas konsentrasi keahlian, mata pelajaran umum, atau mata pelajaran kelompok pilihan yang diajarkan di fase F.

Pemilihan Konsentrasi dalam Satu Program Keahlian

Dalam pemilihan konsentrasi pada satu Program Keahlian, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  1. Berdasarkan Kebutuhan Tenaga Kerja: Pemilihan konsentrasi didasarkan pada kebutuhan tenaga kerja di dunia kerja yang menjadi target peserta didik. Dengan memilih konsentrasi yang sesuai dengan permintaan pasar kerja, peserta didik akan memiliki peluang yang lebih baik untuk mendapatkan pekerjaan setelah lulus.
  2. Satu atau Lebih Konsentrasi: Satu Program Keahlian dapat mencakup satu atau lebih konsentrasi. Hal ini memberikan fleksibilitas kepada peserta didik untuk memilih area keahlian yang paling sesuai dengan minat dan bakat mereka.
  3. Rombongan Belajar yang Berbeda: Jika terdapat konsentrasi yang berbeda dalam satu Program Keahlian, maka akan diselenggarakan dalam rombongan belajar yang berbeda. Hal ini memungkinkan peserta didik untuk mendapatkan pembelajaran yang lebih fokus dan terarah sesuai dengan konsentrasi yang mereka pilih.

Pentingnya Struktur Kurikulum SMK/MAK

Struktur kurikulum SMK/MAK yang terbagi menjadi pembelajaran intrakurikuler dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila memiliki beberapa keuntungan. Dengan adanya kelompok mata pelajaran umum, peserta didik dapat mengembangkan pemahaman mereka tentang norma-norma kehidupan dan menjadi anggota masyarakat yang bertanggung jawab. 

Mata pelajaran kejuruan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan kompetensi yang relevan dengan dunia kerja, sehingga mereka siap menghadapi tantangan dalam karir mereka di masa depan.

Pemilihan konsentrasi pada satu Program Keahlian juga memberikan fleksibilitas kepada peserta didik untuk menyesuaikan pendidikan mereka dengan minat dan passion pribadi. Dengan pemahaman yang mendalam dalam konsentrasi yang dipilih, peserta didik dapat meningkatkan peluang mereka untuk sukses di bidang yang mereka geluti setelah lulus.

Dalam rangka menghadapi perubahan dunia kerja yang terus berkembang, struktur kurikulum SMK/MAK yang mencakup pembelajaran intrakurikuler dan penguatan profil pelajar Pancasila memberikan landasan yang kuat bagi peserta didik untuk mengembangkan kompetensi yang dibutuhkan di era digital ini.

Mata Pelajaran di SMK/MAK

Alokasi waktu mata pelajaran SMK/MAK kelas 10

Asumsi 1 tahun = 36 minggu dan 1 JP = 45 menit
Mata Pelajaran Alokasi Intrakulikuler
Per tahun (Minggu)
Alokasi Projek
Penguatan Profil Pelajar
Pancasila Per Tahun
Total JP
Per Tahun
A. Kelompok Mata Pelajaran Umum
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti* 90 18 108
Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti* 90 18 108
Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti* 90 18 108
Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti* 90 18 108
Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti* 90 18 108
Pendidikan Agama Konghucu dan Budi Pekerti* 90 18 108
Pendidikan Pancasila 54 18 72
Bahasa Indonesia 108 36 144
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 90 18 108
Sejarah 54 18 72
Seni Budaya**:
  1. Seni Musik
  2. Seni Rupa
  3. Seni Teater
  4. Seni Tar
54 18 72
Muatan Lokal*** 72 - 72
Jumlah JP Mata Pelajaran Umum (A): 450 126 576
B. Kelompok Mata Pelajaran Kejuruan
Matematika 108 36 144
Bahasa Inggris 108 36 144
Informatika 108 36 144
Projek Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial**** 162 54 216
Dasar-dasar Program Keahlian 432 - 432
Jumlah Kelompok Mata Pelajaran Kejuruan (B): 918 162 1080
Total*****: 1.368 288 1.656


Keterangan:
* Diikuti murid sesuai agama masing-masing.
** Satuan pendidikan menyediakan minimum 1 jenis seni (Seni Musik, Seni Rupa, Seni Teater, dan/atau Seni Tari). Murid memilih salah satu.
*** Paling banyak 2 JP per minggu atau 72 JP per tahun.
**** Proporsi JP antara aspek Ilmu Pengetahuan Alam dan aspek Ilmu Pengetahuan Sosial disesuaikan dengan kebutuhan Program Keahlian.
***** Total JP tidak termasuk mata pelajaran Muatan Lokal dan/atau mata pelajaran tambahan yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan.

Alokasi waktu mata pelajaran SMK/MAK kelas 11

Asumsi 1 tahun = 36 minggu dan 1 JP = 45 menit
Mata Pelajaran Alokasi Intrakulikuler
Per tahun (Minggu)
Alokasi Projek
Penguatan Profil Pelajar
Pancasila Per Tahun
Total JP
Per Tahun
A. Kelompok Mata Pelajaran Umum
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti* 90 18 108
Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti* 90 18 108
Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti* 90 18 108
Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti* 90 18 108
Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti* 90 18 108
Pendidikan Agama Konghucu dan Budi Pekerti* 90 18 108
Pendidikan Pancasila 54 18 72
Bahasa Indonesia 90 18 108
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 54 18 72
Sejarah 54 18 72
Muatan Lokal*** 72 - 72
Jumlah JP Mata Pelajaran Umum (A): 342 90 432
B. Kelompok Mata Pelajaran Kejuruan
Matematika 90 18 108
Bahasa Inggris 108 36 144
Mata Pelajaran [Konsentrasi Keahlian]*** 648 - 648
Projek Kreatif dan Kewirausahaan 180 - 108
Mata Pelajaran Pilihan**** 144 - 144
Jumlah Kelompok Mata Pelajaran Kejuruan (B): 1.170 54 1.224
Total*****: 1.512 144 1.656


Keterangan:
* Diikuti murid sesuai agama masing-masing.
** Paling banyak 2 JP per minggu atau 72 JP per tahun.
*** Nama mata pelajaran merupakan nama Konsentrasi Keahlian.
**** Nama mata pelajaran merupakan mata pelajaran yang dipilih oleh murid.
***** Total JP tidak termasuk mata pelajaran Muatan Lokal dan/atau mata pelajaran tambahan yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan.

Alokasi waktu mata pelajaran SMK/MAK kelas 12 (Program 3 Tahun)

Asumsi 1 tahun = 36 minggu (PKL = 18 minggu, mata pelajaran lainnya = 18 minggu) dan 1 JP = 45 menit
Mata Pelajaran Alokasi Intrakulikuler
Per tahun (Minggu)
Alokasi Projek
Penguatan Profil Pelajar
Pancasila Per Tahun
Total JP
Per Tahun
A. Kelompok Mata Pelajaran Umum
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti* 36 18 54
Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti* 36 18 54
Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti* 36 18 54
Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti* 36 18 54
Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti* 36 18 54
Pendidikan Agama Konghucu dan Budi Pekerti* 36 18 54
Pendidikan Pancasila 36 - 36
Bahasa Indonesia 36 18 54
Muatan Lokal*** 36 - 36
Jumlah JP Mata Pelajaran Umum (A): 108 36 144
B. Kelompok Mata Pelajaran Kejuruan
Matematika 54 - 54
Bahasa Inggris 72 - 72
Mata Pelajaran [Konsentrasi Keahlian]*** 396 - 396
Projek Kreatif dan Kewirausahaan 90 - 90
Praktik Kerja Lapangan**** 792 - 792
Mata Pelajaran Pilihan***** 108 - 108
Jumlah Kelompok Mata Pelajaran Kejuruan (B): 1.512 - 1.512
Total****** 1.620 36 1.652

Keterangan:
* Diikuti murid sesuai agama masing-masing.
** Paling banyak 2 JP per minggu atau 72 JP per tahun.
*** Nama mata pelajaran merupakan nama Konsentrasi Keahlian.
**** Praktik kerja lapangan dilaksanakan sekurang-kurangnyanya selama 6 bulan di kelas 12.
***** Nama mata pelajaran merupakan mata pelajaran yang dipilih oleh murid.
****** Total JP tidak termasuk mata pelajaran Muatan Lokal dan/atau mata pelajaran tambahan yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan.


Alokasi waktu mata pelajaran SMK/MAK kelas 12 (Program 4 Tahun)

Asumsi 1 tahun = 36 minggu dan 1 JP = 45 menit
Mata Pelajaran Alokasi Intrakulikuler
Per tahun (Minggu)
Alokasi Projek
Penguatan Profil Pelajar
Pancasila Per Tahun
Total JP
Per Tahun
A. Kelompok Mata Pelajaran Umum
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti* 90 18 108
Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti* 90 18 108
Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti* 90 18 108
Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti* 90 18 108
Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti* 90 18 108
Pendidikan Agama Konghucu dan Budi Pekerti* 90 18 108
Pendidikan Pancasila 54 18 72
Bahasa Indonesia 90 18 108
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan 54 18 72
Sejarah 54 18 72
Muatan Lokal*** 72 - 72
Jumlah JP Mata Pelajaran Umum (A): 342 90 432
B. Kelompok Mata Pelajaran Kejuruan
Matematika 90 18 108
Bahasa Inggris 108 36 144
Mata Pelajaran [Konsentrasi Keahlian]*** 648 - 648
Projek Kreatif dan Kewirausahaan 180 - 180
Mata Pelajaran Pilihan**** 144 - 144
Jumlah Kelompok Mata Pelajaran Kejuruan (B): 1.170 54 1.224
Total***** 1.512 144 1.656

Keterangan:
* Diikuti murid sesuai agama masing-masing.
** Paling banyak 2 JP per minggu atau 72 JP per tahun.
*** Nama mata pelajaran merupakan nama Konsentrasi Keahlian.
**** Nama mata pelajaran merupakan mata pelajaran yang dipilih oleh murid.
***** Total JP tidak termasuk mata pelajaran Muatan Lokal dan/atau mata pelajaran tambahan yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan.


Alokasi waktu mata pelajaran SMK/MAK kelas 13 (Program 4 Tahun)

Asumsi 1 tahun = 36 minggu dan 1 JP = 45 menit
Mata Pelajaran Alokasi Intrakulikuler
Per tahun (Minggu)
Alokasi Projek
Penguatan Profil Pelajar
Pancasila Per Tahun
Total JP
Per Tahun
A. Kelompok Mata Pelajaran Umum
Jumlah JP Mata Pelajaran Umum (A): - - -
B. Kelompok Mata Pelajaran Kejuruan
Matematika 72 - 72
Bahasa Inggris 216 - 216
Praktik Kerja Lapangan* 1.368 - 1.368
Jumlah Kelompok Mata Pelajaran Kejuruan (B): 1.656 - 1.656
Total: 1.656 - 1.656

Keterangan:

* Praktik Kerja Lapangan dilaksanakan sekurang-kurangnya selama 

Sumber Referensi: https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/

Post a Comment for "Alokasi Waktu Mata Pelajaran SMK/MAK di Struktur Kurikulum Merdeka"